Minggu, 26 Desember 2010

Budayaku, Budayamu, Budaya Indonesia


Indonesia memiliki beribu kenaragaman sumber daya alam,budaya maupun bahasa. Perbedaan tersebut yang unik dari Negara ini. Hampir seluruh penjuru kota memiliki adat istiadat dan kebudayaan di daerahnya masing-masing terutama dibidang seni. Contohnya saja jenis tarian yang mewakili suatu daerah, ada juga lagu daerah bahkan kebudaayaan kebudayaan unik. Sungguh anugrah yang luar biasa.Tetapi anehnya beribu harta karun itu serasa tidak memiliki nilai dimata para pemuda pemudi. Mereka lebih menyukai budaya Negara lain dan tidak memandang keunikan dari negaranya sendiri.

Perlu ada suatu terobosan agar budaya tersebut melekat pada pemuda pemudi yang nantinya akan menggantikan penerus-penerus Negara. Harus bisa menghipnotis mereka agar kembali mencintai budaya mereka sendiri.

Salah satu cara yang ada dipikiran saya adalah hari festifal budaya yang diadakan di tiap-tiap kota. Memberi kebebasan bagi tiap kota untuk menyelenggarakan festifal tersebut. Mulai dari perkenalanbudaya yang ada di daerah tersebut lalu pertukaran budaya dari daerah ke daerah.

Nah begini jalan cara yang saya pikirkan. Di Surabaya ada ludruk dan tari remo, dalam 1 hari itu diadakan pengenalan yang meliputi sejarah, ciri-ciri dari budaya ini dan pelatihan singkat. Dari kegiatan tersebut pasti kita akan mendapatkan beberapa pemberi dana. Setelah perkenalan, kita mulai bertukar seni dengan daerah lain. Mungkin cara ini boros dalam hal waktu akan tetapi masyarakat juga bisa mengetaui kebuadayaan yang ada di Indonesia.

Bukan tidak mungkin apabila pertukaran budaya ini melancong di dunia Internasional. Selain itu dari kegitan ini memungkinkan untuk menarik minat wisatawan asing.

HIDUP KEBUADAYAAN INDONESIA

Tidak ada komentar: