Senin, 27 Desember 2010

Tangkap Ide Anda

Imajinasi, dan ide kadang keluar pada saat yang tidak kita ketahui. Kadang2 hal tersebut terbayangpada saat yang tidak diinginkan misalkan ulangan atau pada saat presentasi, malah ada yang pada saat berada di kamar mandi. Wooops !!! meskipun demikian jangan sampai ide atau imajinasi yang anda pikirkan melayang pergi sebelum anda bisa menuliskan dan mewujudkannya. Mengapa ? Ada peribahasa yang mengatakan “Rambut boleh sama hitam, isi kepala siapa yang tau?”. Peribahasa tersebut menunjukkan bahwa isi pikiran dan cara pandang seseorang berbeda-beda. Walaupun ad aide yang sama, pasti ide tersebut tidak 100% persis. Maka dari itu, tangkap ide mu, coretkan pada secarik kertas supaya kita ingat apa yang kita inginkan atau pikirkan.

Mungkin agak susah apabila kita harus menuliskan semua pemikiran kita pada saat yang tidak diingikan. Saya memiliki cara unik untuk menanggulangi hal tersebut. Kemanapun saya pergi, saya selalu membawa sebungkus tissue jadi ketika tiba-tiba membayangkan sesuatu yang unik, atau ada ide untuk sebuah hal. Saya menuliskan point-point penting di dalam tissue tersebut. Silahkan tertawa tetapi itu adalah hal yang saya lakukan.

Jika lemabar tissue terlalu kecil untuk anda, anda bisa membuat sebuah pocket notes dari kertas yang tidak digunakan. Buatlah tidak telalu tebal sehingga bisa dibawa kemana pun kita pergi.

Jangan tuliskan semua yang anda pikirkan karena hal tersebut akan menyita waktu yang banyak dan membuat kita malas. Karena tidak semua orang bisa menulis apa yang ia pikirkan dengan cepat menjadi sebuah pragraf yang padu. Tuliskan saja point-point yang penting. Setelah kita tidak beraktifitas atau memiliki waktu yang lebih lenggang, sempatkan 5-10 menit waktu untuk merampungkan paragraph tersebut. Dan publikasikan saja, bisa di majalah, blog,dll. Tidak perlu malu, karena itu yang kita pikirkan dan pikiran/ ide kita itu mahal!!.

Tidak ada komentar: