Selasa, 11 Januari 2011

Pilih yang Lucu,Apa yang Murah?

Bagi pecinta hewan pasti tidak lengkap apabila di rumahnya tidak ada seekor hewan yang mendampingi hari-harinya. Seperti hewan yang biasa kita kenal sebagai pendamping hidup kita. Contohnya saja kucing,anjing, burung,ikan. Memang mereka adalah jenis hewan yang jinak, lucu dan memiliki jenis-jenis yang variatif. Akan tetapi biaya perawatan dan hewan tersebut biasanya cukup mahal. Itu yang menjadikan seorang pecinta hewan tidak bisa memeliharanya karena alasan uang.

Nah!!! disini saya menawarkan solusi untu memelihara hewan yang mudah, dan biaya perawatannya pun tidak terlalu mahal. Hewan tersebut adalah seekor ular. Pasti dibenak kita ada pikiran negatif mendengar kata ular. Disini ular yang dapat dipelihara dan memiliki bentuk tubuh yang cantik adalah ular python. Ia sangat mudah untuk dipelihara, karena ia tidak seagrasif ular berbisa.



Mungkin anda berfikir bahwa ide saya adalah ide yang gila akan tetapi, kita tidak perlu mengeluarkan kocek yang terlalu dalam untuk memilahara ular. Pengeluaran pertama adalah kandangnya. Kandang ular hampir sama dengan sebuah aquarium kurang lebih 60cm x 40cm seharga 50 ribu rupiah. Lalu yang kedua adalah makanan, untuk makanan semakin besar ular anda maka kebutuhan makannya pun meningkat. Kalo dilihat dari pengalaman saya sendiri waktu ukurannya masi sekitar setengah meter, ia mampu menghabiskan 2 ekor tikus yang harganya 7000@1ekor. Sedangkan sekarang ia berukuran 1,20m mampu menghabiskan 1 ekor marmut yang harganya 13000@1ekor. Pengeluaran yang ketiga adalah alas kandang. Alas kandang yang kita gunakan bisa berupa koran bekas, atau rerumputan. Cukup murah kan?



Cara perawatannya pun sangat simple, kita hanya butuh lampu neon untuk menjaganya tetap hangat. Jika tidak menggunakan lampu neon pastikan dia di jemur di panas sinar matahari, tetapi jangan terlalu lama, sekitar 20 menit. Lalu frekuensi makan, berilah dia makan jika ia suda mengeluarkan feses(kotoran) biasanya jangka waktu yang diperlukan sekitar 2 minggu. Pada saat dia baru makan atau sedang mencerna makannya disarankan jangan mengangkat ular dari kandangnya. Karena proses pencermaan bisa tidak selesai. Cukup mudah kan? Sekedar tambahan jika tidak ingin tergigit :
1. Apabila sedang ganti kulit, jangan terlalu sering diangkat, karena biasanya ular lebih sensitf ketika sedang berganti kulit.
2. Jangan membuat gerakan yang tiba-tiba. Jika kita sedang menggendong ular usahakan jangan membuat gerakan tiba-tiba yang membuat dia tidak merasa nyaman.

Sekarang tinggal anda yang menentukan, binatang yang lucu tapi perawatannya mahal atau binatang lucu tapi perawatannya murah?

1 komentar:

RAMANEZ mengatakan...

emang sih murah cara memelihara habitat kya gini...!!,tp buat orang yg ga biasa melihara ular gmn..."liatnya aja dah merinding pa lg megangnya".. hmmm engga dech..!!,cckckck